.

Jumat, 04 Desember 2015

Jolenan Somongari 2015

Tradisi acara merti desa atau selamatan desa setiap bulan Sapar yang lebih dikenal dengan Jolenan atau Saparan di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Purworejo diadakan pada hari selasa, 1 Desember 2015.

 






Jolenan merupakan pesta rakyat sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas berkah-Nya sehingga tanah Desa Somongari subur dan bisa menghasilkan tanaman dan buah-buahan lebat.







Secara fisik, jolen berbentuk piramida anyaman janur dan berisi tumpeng, ayam panggang, dan berbahai hasil bumi lainnya. Sementara di bagian luar, Jolen dihias dengan beraneka ragam hasil hutan seperti buah Durian, Manggis dan Kokosan. Di dalamnya diisi dengan tumpeng dan ayam panggang sedangkan ledre dan binggel (makanan rakyat) diikat dan digantungkan pada ujung sebilah bamboo ditancapkan di sekeliling jolen. 













Jolenan pertama kali digagas oleh seorang Adipati Kerajaan Majapahit bernama Singonegoro, guna mempersatukan rakyat Somongari karena sedang terjadi perang Bubat antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Padjajaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar