.

Minggu, 28 Juni 2015

Merbabu Mount (18-19 Apr 2015)


setelah 2 tahun lebih tidak "sowan" ke gunung, karena rutinitas hidup yang cukup monoton.siang itu sabtu, 18 April 2015 untuk mengobati rasa kangen akan suasana gunung, meski cuaca saat itu curah hujan masih tinggi kami bertiga tetap berangkat menuju ke gunung merbabu dengan ketinggian 3.142M dpl pada puncak Kenteng Songo.


Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato, Secara administratif berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.


kali ini perjalanan pendakian melalui jalur Selo, alasannya dikarenakan pada saat duduk di bangku SMA (2005) kita pernah mendaki lewat jalur wekas. selain itu juga menurut para pendaki yang pernah mencoba semua jalur pendakian, Jalur selo menyajikan view yang paling indah diantara beberapa jalur pendakian gunung merbabu.



Dari jalur ini para pendaki bisa melihat gunung Merapi yang tampak begitu gagah di hadapan mata.Jalur Selo juga menawarkan pesona yang indah pada malam hari. Gemerlap lampu kota menjadi pemandangan yang istimewa ketika melakukan pendakian pada malam hari melalui jalur selo.



Kecamatan Selo masuk wilayah Kabupaten boyolali, Jawa Tengah. Selo berada di tengah-tengah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. untuk menuju ke basecamp selo kami memutuskan mengendari sepeda motor dikarenakan minimnya info transportasi umum.

rute perjalanan menuju selo dari purworejo:
purworejo - borobudur - keteb - boyolali - selo.

sebelum sampai di basecamp, tepatnya di selo kita ketambahan 2 rekan mahasiswa jogja yang sudah janjian juga sama kita. satu asli dari purworejo, satunya asli purwodadi grobogan. sesampainya di basecamp kira-kira sore hari kita disambut gerimis hujan sesaat setelah motor kami parkirkan di salah satu rumah penduduk yang memang menyediakan tempat parkir untuk motor maupun mobil. di akhir pekan ini suasana basecamp cukup ramai dikarenakan memang gunung merbabu punya keindahan alam yang tak bosan untuk dinikmati selain juga melonjaknya minat mendaki gunung akhir2 ini.



demi keselamatan, kami tidak langsung melakukan aktivitas pendakian sesampainya di basecamp, kira-kira satu jam kami beristirahat sambil mengisi perut juga sambil cek peralatan juga logistik. nah, setelah dirasa beristirahat cukup dan pengecekan selesai kami segera menuju tempat registrasi untuk pendataan pendaki di basecamp merbabu pak parman. 

sebelum puncak Jalur Selo memiliki 5 pos yaitu Pos 1 (Dok Malang), Pos 2 (Pandean), Pos 3 (Watu Tulis), Pos 4 (Sabana 1) dan Pos 5 (sabana 2). 



pukul 12.00 WIB kami sampai di pos 2 dan memutuskan mendirikan tenda untuk beristirahat juga kembali mengisi perut. pukul 03.30 WIB kami melanjutkan perjalanan dan pukul 06.00 WIB kami sampai di pos 4 atau sabana 1 dan memutuskan tidak melanjutkan pendakian ke puncak dengan pertimbangan saat itu waktu yg tidak cukup juga tubuh yang tidak memungkinkan untuk memaksakan ke puncak kenteng songo.semoga dilain waktu bisa sampai puncak. 







meski begitu sabana 1 juga merupakan salah satu spot panorama terbaik gunung merbabu. disini kita akan dimanjakan dengan view gunung merapi dan perbukitan teletubies yang juga jalan menuju puncak. selain pemandangan yang begitu mempesona, para pendaki juga akan melihat beberapa burung jalak gading yang berlalu lalang seolah sudah tidak terusik dengan keberadaan para pendaki. burung ini juga  dikenal sebagai burung “penunjuk jalan” menuju Puncak Argodumilah dan Puncak Argodalem, gunung lawu.













1 komentar:

  1. Betfred.com Casino: Welcome bonus of up to $600 + 200 FS
    Betfred, the 오산 출장마사지 official UK betting portal, welcomes new users, 상주 출장샵 sign up now and receive 구미 출장마사지 a 200% 아산 출장샵 matched deposit 안산 출장샵 bonus up to £600!

    BalasHapus